Profil Lulusan Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris

1. Calon Guru Pendidikan Bahasa Inggris

  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Bahasa Inggris secara umum dan konsep teoritis secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Menguasai konsep bahasa Inggris yang diperlukan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah.
  • Menguasai konsep bahasa Inggris yang diperlukan untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
  • Memahami dan menguasai prinsip-prinsip, konsep, dan dasar kebahasaan, keterampilan dan kependidikan bahasa Inggris.
  • Menguasai konsep bahasa Inggris yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya.
  • Mampu mendesain perangkat pembelajaran dan pemanfaatan ICT serta dapat mengembangkan strategi pengajaran dan/atau pembelajaran (menyiapkan perencanaan pembelajaran, memilih teknik pengajaran bahasa Inggris yang adaptif dan kreatif).
  • Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa Inggris serta keilmuan bahasa Inggris untuk merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan media dan ICT yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).

2. Translator

  • Mampu menjadi pengalih bahasa teks tulis dan lisan dari Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya kepada masyarakat akademis dan instansi pemerintahan.
  • Mampu menerapkan etika penerjemahan secara menyeluruh.

3. Tourist Guide

  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan pemanduan wisata dengan dibekali penguasaan teknologi informasi. 
  • Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan keberadaan industri pariwisata sebagai peluang bisnis jasa kepariwisataan.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dalam bahasa inggris.

4. Edupreneur

  • Mampu merancang kegiatan pembelajaran informal yang efektif dan berkualitas.
  • Mampu memahami quantum teaching dan menguasai berbagai metode pembelajaran.
  • Mampu membuka peluang usaha berbasis pendidikan informal.
  • Mampu memberi konsultasi wirausaha kepada instansi pemerintah atau swasta dan masyarakat.

5. Writer (penulis)

  • Mampu merancang dan menulis buku atau bahan ajar, article and novel Bahasa Inggris sesuai prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar dan peka terhadap perkembangan zaman.
  • Mampu menghasilkan karya tulis yang dipublikasikan melalui media cetak atau digital.
  • Mampu mengaplikasikan nilai-nilai kependidikan ke dalam karya tulisnya sebagai hasil dari penerapan pendidikan.

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”